November 21, 2008

Bolu Kukus Mini



Dibilang mini karena ukurannya yang cuma dua lep udah habis :). Bikinnya pake cetakan bolu kukus yang kecil. Hasilnya nggak secantik buatan si empunya resep, karena ternyata untuk membuat motif zebra yang rapih itu harus super telaten, apalagi pake cetakan yang kecil-kecil begini (ngeles nih, hehe).
Dengan cetakan ini hasilnya lumayan banyak juga. Aku bikin 2 batch, pertama pake cetakan kecil, kedua pake loyang bunder 20cm soalnya adonan udah pake ngantri kukusan, jadi takut gak mekar lagi.
Tengkyu resepnya ya mbak Yenny 'Agogo', kue ini giliran si bungsuku yang jadi tukang ngabisinnya, katanya: enyaaaa... (artinya: enak banget).



BOLU KUKUS
resep: Yenny A.

500 gr tepung terigu
500 gr gula pasir
6 butir telur
200 cc santan instant (ratih: pake susu cair)
200 cc air soda (ex : sprite)
1/2 sdm emulsifier
vanili secukupnya (ratih: pake 1sdt pasta vanila)
Untuk warna bisa dimodifikasi sendiri (ratih: separo adonan pake pasta coklat)

Cara :
Semua bahan dicampur jadi satu, tp masukin spritenya paling akhir ya biar gasnya ga menguap
Mixer dengan kecepatan tinggi kurang lebih 10 or 15 menit (kalau pakai mixer kenwood)
Masukin cetakan bolkus, dan kukus kurleb 15 menit.