July 30, 2009

It's cookies time...!

Rengekan si bungsu supaya toples-toples kue yang kosong segera diisi sangat tidak bisa diabaikan. Maka ibunya segera turun gunung setelah lama nggak bikin kue kering :). Minggu ini ada dua macam kukis dilemari dapur, keduanya gampang-gampang, dan enaaak...
Pas banget dengan moment Cookies Week di milis NCC, sekalian daftar deh!

CORNFLAKE COOKIES

Photobucket

Kukis yang -sumpah- enak banget. Garing renyah kriuk-kriuk, jelas bungsuku suka banget, lha biasanya emang tukang nge-gado-in cornflake kok :).
Ini resepnya:

KUE CORNFLAKES
source: Sylvie Gill (www.keluargacemara.net)
Bahan:
400 gram butter kalengan
200 gram gula pasir
400 gram terigu
250 gram cornflakes
2 kuning telur
1 sdt vanili cair
Cara membuat :
Kocok butter kalengan, gula, telur, dan vanili sampai putih.
Lalu masukkan sedikit demi sedikit tepung terigu hingga rata.
Kurangi kecepatan mixer ke bagian yang terendah, lalu masukan cornflakes.
Jangan terlalu lama, karena cornflakes akan hancur.
Bentuk adonan dengan tangan sesuai selera.
Adonan pun siap di panggang

KUKIS KORNET

Photobucket

Kukis ini punya cerita sendiri. Dulu waktu jaman kost2an di Bandung, ibu kost-ku sering banget bikin kue ini. Aku suka karena rasanya yang unik dan nggak pasaran. Waktu radio Ardan FM Bandung bikin acara lomba resep dengan sponsor margarin blueband, aku mengikutsertakan resepnya si ibu kost. Iseng aja, padahal aku sama sekali 'buta resep' waktu itu. Nggak nyangka resep tsb. terpilih jadi salah satu pemenang. Hadiahnya dong, kardus besar berisi Blueband aneka ukuran, juga produk2 Unilever lainnya. Haha... anak kost gak pernah ke dapur kok dapet hadiah bahan kue, ya sudah emang milik sang ibu kost kok.

Resep ibu kost nggak disimpan, tapi sekarang sudah agak bisa mengira-ngira resep. Inilah hasilnya. Kukis yang penampilannya tidak terlalu menarik, tapi rasanya asli enak. Dan yang penting anak-anak suka banget! :)

KUKIS KORNET
By dapuratih ;)
bahan:

100 gr mentega
100 gr margarine
100 gr gula halus
1 kuning telur
100 gr kornet (boleh ditambah bila suka)
250 gr terigu
25 gr susu bubuk
Pasta vanila
Olesan:
1 kuning telur
½ sdt minyak sayur

Cara membuat:
Aduk mentega, margarine, gula dan telur dengan whisker hingga rata & lembut
Masukkan susu bubuk & sebagian tepung sedikit-sedikit, aduk rata
Masukkan kornet, aduk rata
Masukkan sisa tepung sedikit-sedikit, hentikan jika adonan sudah tidak lengket/dapat dibentuk
Gilas adonan diantara 2 lembar plastic, kira2 setinggi 3 milimeter
Cetak sesuai selera lalu oles permukaannya dengan bahan olesan
Panggang 150 derajat celcius selama kurang lebih 25 menit