August 27, 2008

Sarikaya Pandan Kelapa Muda

Sarikaya, adalah salah satu makanan khas dari tanah Sumatera. Masa kecil saya akrab dengan penganan gurih satu ini. Sarikaya biasanya disajikan dan dinikmati bersama dengan ketan putih.
Saat ini di kampung halaman saya, Sarikaya masih kerap disajikan sebagai hidangan pesta. Cara menyajikannya kurang lebih begini; Sarikaya dikukus sekaligus dalam pinggan besar, sementara ketan putih dipulung atau dibentuk bulat lonjong berukuran sedang (kira2 seukuran bola pingpong, tapi lonjong) dan diberi stik, misalnya stik eskrim.
Nanti para tamu akan menyendokkan Sarikaya dari pinggan besar ke piringnya lalu mengambil beberapa stik ketan, lalu menikmati ketan2 tsb sambil 'dicocolkan' ke Sarikaya.

Sarikaya yang sekarang sering saya buat, adalah resep modifikasi dari resep yang diberikan oleh sahabat saya Lusi di Sendai (thanks ya Jeng!). Resep aslinya adalah Sarikaya dari gula merah, karena kangen sama kampung halaman, saya modify jadi Sarikaya Pandan, plus saya tambahkan kelapa muda untuk memperkaya rasanya.


Penggemar Sarikaya dirumah saya adalah si sulung. Waktu saya membuat 50 cup Sarikaya ini untuk dibawa sebagai potluck untuk acara kunjungan ke ACS kemarin, saya meninggalkan sekitar 10 cup di dalam chiller. Ketika saya kembali ke rumah sore harinya, hanya tersisa 2 cup, itupun keduanya sedang dalam proses untuk dihabiskan olehnya :D. Abang Haqqi nggak suka Sarikaya, dia lebih suka kue bolu sebagai camilannya. Sementara si Ayah, kurang suka Sarikaya buatan saya karena menurutnya 'bau telur'. Ayah lebih suka Sarikaya-nya Wale (tempat makan favorit kita kalo ke Bandung). Tapi mas Hafizh, si penjaga hati-ku itu, cuma melihat saja waktu Ayahnya menikmati Sarikaya-nya Wale, katanya: aku lebih suka Sarikaya buatan Ibu!. :D
Analisa saya, Sarikaya buatan Wale itu memang menggunakan sedikit telur, dilihat dari teksturnya yang sangat lembut dan berair dibagian bawahnya. Barangkali nanti saya akan mencoba lagi membuat Sarikaya dengan resep yang sama tapi mengurangi sebagian telurnya, siapa tau kali ini Ayah akan suka :)

Sarikaya Pandan Kelapa Muda
sumber: Lusi, modify by: Ratih
Bahan:
120 gram gula pasir (resep asli 100 gr gula merah)

400 ml air
daun pandan
5 butir telur, kocok lepas
150 ml santan kental (resep asli 200ml santan kental)
50 ml krim kental (resep asli gak pake)
1/4 sdt garam
1/2 sdt pasta pandan (resep asli gak pake)
kelapa muda
Cara membuat:
Rebus gula pasir, air dan daun pandan hingga mendidih, dinginkan
Campur telur yang sudah dikocok lepas dengan santan dan krim kental
Campur adonan telur dengan air gula
Tuang di pingggan besar atau cawan kecil atau alumunium cup
Taburi kelapa muda
Kukus dengan api sedang sekitar 20-30 menit
Sajikan setelah didinginkan didalam kulkas
Tips:
Lapisi tutup kukusan dengan lap besar agar air tidak menetes.
Biarkan tutup kukusan sedikit terbuka agar permukaan sarikaya tetap bagus/mulus.
Santan kental bisa gunakan santan instan misal: Kara
Krim kental bisa diganti seluruhnya dengan santan kental
Bisa gunakan 10 lembar daun suji yang sudah diremas-remas dan disaring dengan sebagian air yang ada diresep dalam resep.

2 comments:

Firdaus Usman said...

assalamu'alaikum

salam kenal bu, saya ijin taru link ibu di flickr saya untuk foto ini
http://www.flickr.com/photos/firdaususman/3791185033/

rayadinda said...

sepertinya enak sekali agar-agar srikayanya mba. Ijin catet resep agar-agar sarikaya dari mba ratih.
salam