February 28, 2008

Cake Pisang-Keju Putih Telur


Melongok freezer, hwaa.. banyak banget tumpukan putih telur! Harus segera diberdayakan nih. Kebetulan ada pisang ambon yang kulitnya sudah mulai menghitam. Ya sudah, coba utak atik deh biar bisa jadi kudapan sore hari.

Alhamdulillah, jadinya enaak! Terutama buat penggemar pisang seperti anak-anakku. Selagi hangat tiga buah cupcake langsung masuk perut mas Hafizh. Satu resep ini jadinya lumayan banyak. Hehe.. abis memang pake putih telurnya banyak siih, biar cepat abis stoknya.


dek Haqqi udah gak sabar, dipoto dulu bentar ya dek... :)

Cake Pisang-Keju Putih Telur
by: Ratih
bahan:
400 gr putih telur
250 gr gula pasir
1 sdm air jeruk lemon (optional)
200 gr pisang ambon yg sudah sangat masak, haluskan dg garpu
(kalo aku suka yang pisangnya gak terlalu halus)
50 gr keju cheddar, parut halus
200 gr terigu, ayak

1 sdt baking powder
100 gr margarin +100gr mentega, lelehkan
vanila/lemon essence secukupnya
50 gr keju chedar parut untuk taburan

cara membuat:
Kocok putih telur hingga berbusa
Masukkan gula pasir sedikit demi sedikit secara bertahap hingga mengembang (softpeak)
Masukkan pisang & air jeruk, kocok sebentar dengan mixer hingga merata.
Masukkan terigu, bakingpowder & keju secara bertahap, aduk balik dengan spatula
Masukkan margarin cair, mentega cair dan essence, aduk balik hingga rata
Tuang adonan di loyang yang sudah dilapisi kertas roti
Taburi keju parut
Panggang 180 derajat selama 25 menit atau hingga matang


Note:
-Kemarin hasil akhirnya 2 loyang 30x10cm dan 6 buah cupcake standard
-Pisang ambon bisa diganti pisang barangan atau pisang raja, pilih yg benar2 masak
-Keju sebagai taburan bisa diganti dengan coklat