June 4, 2007

Puding Jagung




Rencana awal mau nyoba Sweet Corn Jelly with Green Tea resepnya mbak Lia. Nggak punya santan, jadi pake fresh cream dicampur fresh milk. Nggak punya green tea powder -jadi pake pasta green tea- hasilnya kurang berasa green tea (mungkin kurang banyak ya). Nggak punya jelly powder, jadi pake agar-agar powder biasa. Oke, jadi namanya cukup Puding Jagung saja :).

Rencana awal mau bikin empat layer kuning hijau, apa daya tukang masaknya kurang pandai membagi adonan :). Hasilnya penampilan yang kurang cantik, tapi rasanya dong... enaak!. Camilan yang sehat dan bergizi.





SWEET CORN JELLY with GREEN TEA
Original recipe by: Lia, http://dapurgue.blogspot.com

Bahan:

1 sachet konnyaku/jelly powder
(ratih: pakai 1 1/4 sachet agar-agar bubuk)
1 sdm gula pasir
650 ml santan
(ratih: pake 350ml freshcream + 300ml fresh milk)
1 sdt peres greentea powder, larutkan dengan 5 sdm air mendidih
(ratih: pakai 1 sdm pasta green tea)
1 sdt vanilla essence
1 sdm butter

Blender jadi satu sampe halus:
2 buah jagung manis besar, disisir
150ml air
100 gr gula pasir /secukupnya
1/2 sdt garam

Cara:

Masukin jelly powder & 1 sdm gula pasir ke panci, aduk rata. Tuangi santan dikit2 sambil diaduk rata pake spatula hingga jelly powder merata dan santan habis .
Masukin blenderan jagung manis, panaskan dengan api sedang sambil diaduk2 terus sampe mengental.
Kecilkan api, masak terus sambil diaduk hingga mendidih lembut, angkat.
Masukin vanilla essence, aduk rata. Tuang setengah bagian ke loyang/cetakan
puding, diamkan hingga setengah membeku dan permukaannya mulei mengeras (tapi belum totally beku loh).
Tambahkan larutan greentea powder ke dalam sisa adonan, aduk rata. Didihkan
kembali, tuang segera ke atas adonan yang udah ada dalam cetakan. Diamkan sampe
beku, simpan di kulkas minimal 3 jam sebelum disajikan.



5 previous comments